Rabu, 18 November 2015

Lupa Baca Al Fatihah Ketika Sholat

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Lupa Baca Al Fatihah Ketika Sholat
Alhamdulillah wa sholatu wa salamu ‘alaa Rosulillah wa ‘alaa ashabihi wa maa walaah.
Ketika kita sholat sendirian misal karena hujan deras, sakit, dalam keadaan musafir atau udzur syar’i lainnya. Lantas kita lupa apakah kita sudah membaca Al Fatihah atau belum. Bagaimana solusinya ?
Mari simak tanya jawab berikut.
Pertanyaan :
Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baaz Rohimahullah pernah ditanya,
Lupa Baca Al Fatihah Ketika Sholat 1
“Di tengah sholatku, aku lupa apakah aku sudah membaca Al Fatihah atau belum. Apakah aku harus sujud sahwi ? Apa yang dibaca ketika sujud sahwi ? Jika perkiraan kuatku bahwa aku sudah membacanya apakah aku harus tetap sujud sahwi ?”

Jawaban :
Lupa Baca Al Fatihah Ketika Sholat 2
“Jika seorang yang sholat sendirian atau imam ragu apakah dia sudah membaca surat Al Fatihah. Maka hendaklah dia mengulang bacaannya sebelum ruku’ dan tidak wajib baginya sujud sahwi.
Apabila dia ragu ketika sholat sudah selesai maka janganlah dia menghiraukan keraguan tersebut dan sholatnya sah..
Adapun bacaan pada sujud sahwi maka yang disyari’atkan adalah sama dengan do’a yang dibaca ketiak sujud semisal ‘Subhana wa Ta’ala Robbial A’laa’ dan yang semisal”.

Syaikh Ibnu Baaz

***

Diterjemahkan dari kitab Fatawa Islamiyah hal. 323/I terbitan Darul Wathon, Riyadh, KSA.
Setelah subuh, 4Shofar 1437 H, 16 Nopember 2015 M
Aditya Budiman bin Usman bin Zubir

Sumber Web Kang Aditya

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar